Komatsu Astra Finance, Solusi Pembiayaan Konsumen Alat Berat

Ketika mendengar nama Komatsu, sebagian besar masyarakat biasanya akan langsung teringat dengan sebuah perusahaan penyedia alat berat dan spare part alat berat Komatsu. Tidak aneh memang, mengingat alat berat milik Komatsu merupakan salah satu yang cukup banyak digunakan untuk mengerjakan berbagai proyek ataupun pertambangan. Kualitas yang terjamin dan kemudahan dalam mencari spare part ketika alat berat mengalami suatu masalah, menjadi salah satu faktor konsumen memilih Komatsu dibanding brand lain.

Namun, sama seperti alat berat pada umumnya, alat berat yang diproduksi oleh Komatsu juga memiliki harga yang cukup tinggi. Karena itulah, beberapa kontraktor yang masih baru biasanya memilih untuk menyewa alat berat sebelum akhirnya membeli alat beratnya sendiri. Meskipun begitu, cukup banyak yang berani untuk membeli langsung alat berat dan menjadikannya sebagai aset. Ada yang membelinya secara tunai, namun ada juga yang membeli alat berat secara kredit
Alat berat Komatsu
Alat Berat Komatsu

Tentunya, mengajukan pembelian alat berat secara kredit tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda tidak bisa mengajukan kredit ini pada berbagai lembaga keuangan yang sering membiayai pembelian kendaraan bermotor. Karena, terdapat beberapa perusahaan khusus yang menangani masalah pembiayaan pembelian alat berat, dan Komatsu Astra Finance merupakan salah satunya.

Komatsu Astra Finance atau yang sering disebut dengan KAF merupakan perusahaan patungan antara Astra melalui PT. Sedaya Multi Investama denga PT. Komatsu Indonesia. Pembagian saham antara keduanya seimbang, yaitu 50:50. KAF didirikan dengan tujuan membantu aktivitas penjualan alat berat Komatsu, dengan memberikan solusi pembiayaan untuk konsumen alat berat dan produk Komatsu lainnya. Khusunya, untuk produk dalam sektor pertambangan. Tingkat bunga yang ditawarkan oleh KAF cukup kompetitif agar tidak memberatkan konsumennya dan mampu bersaing ditengah kompetisi yang cukup ketat. Mengenai sumber dananya, KAF memperoleh sumber dana dari Komatsu, yang sebagian besar diperoleh langsung dari Jepang.

Pada bulan Febuari 2016 ini, KAF bahkan memperoleh peringkat idAA stabil dari PT. Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Peringkat ini diberikan untuk periode 7 Januari 2016 hingga 1 Januari 2017. Yang mendasari pemberian peringkat ini yaitu, status perusahaan yang merupakan anak perusahaan strategis dari pemegang sahamnya. Selain itu, posisi perusahaan yang cukup kuat di pasar bisnis pembiayaan alat berat, juga karena memiliki sumber modal yang kuat. Apalagi, perusahaan ini tidak lagi hanya terfokus pada sektor pertambangan saja, tetapi juga mulai merambah ke sektor perkebunan.

Meskipun begitu, bukan berarti posisi KAF benar-benar aman. Karena, jika suatu saat KAF mengalami penurunan dukungan dari para pemegang sahamnya, maka peringkat stabil ini juga akan menurun. (Vita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar